Pendaftaran Mahasiswa Baru MEB
PENDAFTARAN MAHASISWA BARU
PROGRAM MEB HUKUMET
Para penerima beasiswa MEB dibagi ke dalam dua skema yaitu Cumhuriyet dan Hukumet. Masing-masing memiliki prosedur, syarat dan konsekuensi tersendiri. MEB Cumhuriyet adalah beasiswa Diknas Turki yang diberikan kepada pelajar warga negara-negara serumpun Turki semisal Kazakstan, Uzbekistan dan negara-negara kawasan Asia Tengah lain. Sedangkan MEB Hukumet diberikan kepada pelajar negara di luar Turk Cumhuriyetleri (Negara-negara serumpun Turki) termasuk pelajar Indonesia.
Sampai di Kota Tujuan
1. Menuju asrama piket yang telah dirujuk Kedubes Turki
2. Mendaftar sebagai mahasiswa tamu dengan menunjukkan Acceptance Letter
Melapor ke Dinas Pendidikan (MEB) Kota
1. Menunjukkan Acceptance Letter dari Kedubes Turki di Indonesia
2. Menunjukkan ijazah asli
3. Menunjukkan paspor
4. Mengisi data mahasiswa (alamat, golongan darah, orang tua dsb)
5. Mendapatkan 4 lembar surat keterangan penerima beasiswa yang ditandatangani
Kepala (Mudur) MEB Kota
· 1 lembar dipegang mahasiswa bersangkutan
· 1 lembar untuk mendaftar TOMER (program pendidikan bahasa Turki)
· 1 lembar untuk mendaftar asrama tetap
· 1 lembar untuk membuat ikamet (Buku Izin Tinggal)
Memeriksa Status Asrama
1. Menuju Yurt Kurumu Kota, menghadap bagian mahasiswa asing penerima beasiswa Hukumet
2. Menunjukkan lembar beasiswa asrama
3. Mendapat nama, alamat dan kontak asrama tetap yang akan ditempati
4. Asrama tetap bisa sama atau berbeda dengan asrama sementara
5. Permintaan khusus semisal meminta asrama tertentu dapat diajukan ke bagian ini
Mendaftar TOMER
1. Menyerahkan surat beasiswa untuk program TOMER
2. Mengisi data pelajar TOMER
3. Menyerahkan 2 lembar pas foto ukuran 3x4
4. Mendapatkan kartu pelajar TOMER beserta jadwal dan ruang kelas
5. Meminta Surat Keterangan Pelajar TOMER, diberikan 3 lembar
· 1 lembar dipegang pelajar
· 1 lembar untuk mendaftar asrama tetap
· 1 lembar untuk membuat ikamet
6. Membayar uang paket buku untuk tingkat dasar (Temel) sebesar 25 TL
7. Mengikuti pelajaran sesuai jadwal
Mendaftar ke Asrama Tetap
1. Menyerahkan surat beasiswa untuk asrama
2. Menyerahkan surat pelajar TOMER
3. Fotokopi paspor dan visa masuk Turki
4. Foto diri ukuran paspor sebanyak 12 lembar
5. Uang muka 12 TL
6. Meminta surat tinggal asrama (ikametgah) untuk pembuatan ikamet
Pendaftaran Ikamet (Izin Tinggal)
1. Menuju Emniyet Mudurlugu (Kantor Kepolisian)
2. Menyerahkan surat dari MEB, TOMER dan asrama. Bagi yang tidak tinggal di asrama, diganti surat dari Muhtarlik (Kelurahan) setempat (jika diminta)
3. Fotokopi paspor yang menunjukkan data diri dan visa masuk Turki
4. Pasfoto ukuran 3x4 sebanyak 6 lembar
5. Mengisi formulir pembuatan ikamet
6. Memberkas dokumen-dokumen terkait dalam satu stopmap
7. Membayar biaya pembuatan ikamet sebesar kurang lebih 150 TL
8. Mendapatkan selembar surat tanda pembuatan ikamet yang dapat ditukar dengan ikamet sekitar 10 hari kemudian.
Catatan: Beberapa kantor emniyet tertentu mensyaratkan tahapan awal berupa pengisian data diri online dan penentuan jadwal wawancara. Pastikan anda mengajukan permohonan ikamet paling lambat satu bulan setelah memasuki wilayah Turki.
Pendaftaran Vergi (Nomor Pajak)
1. Menuju Vergi Dairesi (Kantor Urusan Pajak) terdekat
2. Menunjukkan paspor
3. Mengisi data isian (nama orang tua, alamat)
4. Mendapatkan kartu dan nomor pajak
Pembukaan Rekening Bank
1. Menuju kantor cabang terdekat bank yang telah ditunjuk MEB Kota. Untuk kota Izmir MEB bekerjasama dengan Is Bankasi
2. Fotokopi paspor dan visa masuk Turki
3. Menunjukkan kartu pajak (vergi karti)
4. Menunjukkan ikamet. Untuk yang belum mendapatkan ikamet terkadang bank memperbolehkan menggantinya dengan surat tanda pembuatan ikamet, surat dari MEB dan ikametgah dari asrama
5. Mengisi data nasabah
6. Menyerahkan uang simpanan pokok yang ditentukan bank, standar adalah 50 TL
7. Melaporkan nomor rekening ke MEB 8. Kartu ATM dapat diperoleh sekitar 2 minggu kemudian
0 komentar:
Posting Komentar